Lapas Narkotika Kelas IIA Pematang Siantar Kanwil Kumham Sumut Bina Kemandirian Para Napi

Simalungun

Lapas Narkotika Kelas IIA Pematang Siantar melakukan pembinaan kemandirian terhadap para napi di Jalan Pemasyarakatan, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Senin (15/1/2024).

Pembinaan kemandirian yang dilakukan Lapas tersebut bertujuan agar para napi dapat meningkatkan kemampuan wirausaha setelah nantinya kembali ke masyarakat.

KPLP Raya Ucok Sinabang ketika bertemu dengan awak media mengungkapkan bahwa napi harus diperlakukan dengan baik sehingga mereka merasa sangat diperdulikan dan tidak merasa terbebani dengan jeratan hukum yang mereka jalani.

“Walaupun mereka ini terjerat kasus bukan berarti mereka harus merasa tertekan didalam sini (Lapas), mereka disini juga bisa belajar dengan cara kita berikan Pembinaan kemandirian seperti membuat tiang tratak dan juga melaundry baju. Sehingga mereka dapat bekerja setelah keluar dari sini,” ucap KPLP saat ditemui di kantor Lapas.

Namun saat disinggung dengan adanya kabar yang tidak sedap dari dalam Lapas, dimana ada peredaran narkoba, Ucok membantah hal tersebut sembari mengatakan kalau tidak ada aktivitas yang sekarang sedang beredar.

“Tidak ada kegiatan seperti yang baru-baru ini kami dengar (peredaran narkoba), bahkan kami juga telah memeriksa salah satu blok kamar yang digadang-gadang sebagai tempat peredaran narkoba dan juga parengkol. Karena semua kamar disini sama, bahkan tidak ada juga nama-nama yang dikatakan mengendalikan permainan dari dalam lapas,” ungkapnya.

Begitu pun Ucok mengucapkan terimakasih dengan adanya kabar tersebut, karena pihaknya dapat berbenah lagi.

“Memang dalam bekerja melaksanakan tugas, mungkin masih ada kekurangannya, saya sangat mengharapkan adanya komunikasi yang baik seperti ini,agar kami bisa mengevaluasi kinerja kami,agar lapas Narkotika kelas IIA ini lebih baik lagi kedepannya,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*