Gelar PKM, FEB UMB Dorong Manajemen UMKM di Jakarta Barat

Program Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan Fakultas Bisnis Universitas Mercu Buana, di Jakarta Barat. (Foto: Istimewa)
Program Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan Fakultas Bisnis Universitas Mercu Buana, di Jakarta Barat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mercu Buana (UMB) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di Jakarta Barat, Rabu (6/3). Topik utama yang diangkat “Pengembangan Manajemen UMKM Untuk Keberlanjutan Bisnis dan Kelestarian Lingkungan: Ditinjau dari Berbagai Perspektif Manajemen (Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia, dan Operasional).”

Ketua Tim PKM R Eddy Nugroho, mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui skema kolaborasi dalam negeri, di Kelurahan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat.

Topik utama ini dipilih dikarenakan isu keberlanjutan bisnis dan kelestarian lingkungan merupakan salah satu faktor yang menjamin terbentuknya sistem usaha yang berkesinambungan. “Pelaku usaha sangat percaya bahwa keuntungan usaha saja tidak akan menjamin kelangsungan usaha dalam jangka panjang. Untuk itu, konsep 3P (ProfitPeoplePlanet) harus menjadi perhatian para pelaku usaha,” tuturnya.

Eddy menjelaskan, program PKM ini bertujuan untuk meningkat daya saing pengusaha UMKM di wilayah Kelurahan Meruya Selatan dengan harapan dapat meningkatkan kesejaheraan masyarakat. Acara ini dihadiri 27 pelaku usaha mikro yang bidang usahanya beragam, seperti penjual nasi uduk, penjual kue kering, usaha keripik kentang mustofa, pelaku usaha hidroponik, dan pengrajin tas rajut.

Sri Hastuti yang mewakili Lurah Meruya Selatan membuka acara ini dengan berpesan bahwa Program PKM yang dilakukan Universitas Mercu Buana sangat memberikan manfaat bagi para pesertanya. Dia berharap agar program PKM ini dapat diikuti semua peserta dengan baik.

Hadir 11 dosen Universitas Mercu Buana sebagai pembicara dalam program PKM kali ini.

  1. R Eddy Nugroho, yang membahas Penganeka-Ragaman Konsumsi Pangan
  2. Bambang S Marsoem,yang mengaitkan Keikutsertaan Sebagai Agen Bank Laku Pandai Sebagai Solusi Permodalan Untuk Keberlanjutan Usaha Ultra Mikro
  3. Agustinus Hariadi, menyampaikan Penerapan Sistem Manajemen Dalam Peningkatan Kinerja Untuk Keberlangsungan Usaha Dan Lingkungan
  4. Sugeng Santoso, membahas Peningkatan Nilai Tambah UMKM Melalui Manajemen Inovasi Dalam Kewirausahaan
  5. Sudjono, menjelaskan Penerapan Microsoft Excel untuk UMKM
  6. Aslam Mei Nur Widigdo, memaparkan Literasi Sertifikasi Halal Untuk Keberlanjutan UMKM
  7. Mirza, menyampaikan Digital Marketing untuk UKM
  8. Dipa Mulia, menyampaikan tpik e-Marketing
  9. Asep Risman, menyampaikan Peningkatan Kinerja dan Keberlanjutan Bisnis UMKM Melalui Keuangan Digital
  10. Aldina Shiratina, membahas Peranan Penggunaan Social Media Marketing dalam Mencapai Sustainability Business
  11. Nia Kusuma Wardhani, membahas Peningkatan Kompetensi Pelaku UMKM dalam Komunikasi Bisnis Untuk Mencapai Keberlangsungan Usaha.

Peserta tampak antusias dalam menjalankan program PKM ini. “Diharapkan program PKM Universitas Mercu Buana dapat dilaksanakan kembali di waktu mendatang di Kelurahan Meruya Selatan,” kata Eddy.https://makcauhai.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*