Hari Nyepi, Jaksa Agung: Kuatkan Toleransi Umat Beragama

Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin
Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin

RM.id  Rakyat Merdeka – Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin mengucapkan selamat kepada warga Adhyaksa yang merayakan Hari Raya Galungan dan Kuningan serta Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946. 

Ia mengatakan, Hari Raya Nyepi yang berbarengan dengan bulan suci Ramadan menjadi momentum untuk merenungi nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

“Hari raya ini dapat dijadikan momentum untuk melakukan perenungan, introspeksi diri dan mengaktualisasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, baik di tempat kerja maupun di masyarakat,” kata Burhanuddin dalam keterangannya di Jakarta, Senin (11/3). 

Menurutnya, peringatan hari keagamaan ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk saling menguatkan toleransi antar umat beragama. Kebersamaan yang seperti ini hanya ada di Indonesia.
 
“Mari kita jadikan momentum perayaaan hari keagamaan ini untuk saling menghormati, menghargai, mempererat keutuhan NKRI yang kita cintai ini,” katanya.

Di sisi lain, Burhanuddin mengingatkan, kenaikan harga pangan akibat bencana alam dan kebutuhan akan hari raya juga harus diantisipasi bersama.  Kejaksaan juga akan menurunkan aparaturnya untuk melakukan pemantauan serta melaporkan secara berkala terhadap gejolak inflasi yang terjadi di daerah masing-masing sehingga langkah-langkah antisipasi dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.
 
Bukan Ajang Berfoya Foya 

Selain itu, Ia juga menekankan,  jajarannya agar tidak berfoya-foya pada momentum hari raya keagamaan. Maknai hari raya dengan cara lebih banyak memberi kepada orang-orang yang sedang membutuhkan.

“Jaksa harus rajin ke masyarakat untuk mendengar jeritan mereka, sehingga sebagai aparat penegak hukum itu tidak semuanya melulu soal hukum,” ujarnya.
 
Menurut dia, jaksa yang sering turun ke masyarakat turut memberikan sumbangsih positif bagi institusi Kejaksaan. “Upaya itu menjadi bagian dari antisipasi atau pencegahan penegakan hukum di masyarakat,” ujar Burhanuddin.https://makcauhai.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*